Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, kecil startup perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Androiddari co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger), Kaya Miner (co-pendiri Wildfire Communications, Inc), Nick Sears (sekali VP di T-Mobile), dan Chris White (kepala desain antarmuka dan pembangunan di Webtv). Pada saat itu, sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc selain mereka yang membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai rumors bahwa Google telah berencana untuk memasukkan ponsel pasar, walaupun ianya tidak jelas apa fungsi mungkin melakukan di pasar.  Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin, dikembangkan perangkat mobile platform yang didukung oleh Google OS yang dipasarkan ke handset keputusan dan operator pada premis pemberian yang fleksibel, upgradeable sistem.
Telepon pertama yang memakai sistem operasi android adalah HTC Dream yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. Pada penghujung 2009, diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan android.
Android versi 1.1. Pada 9 Maret 2009, Google merilis android versi 1.1. android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan gmail, dan pemberitahuan email.
Androis versi 1.5 (Cupcake). Pada pertengahan mei 2009, Google merilis telepon seluler dengan menggunakan android dan SDK (software development kit) dengan versi 1.5.Tterdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur, yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, menggunggah video ke youtube dan gambar ke picasa langsung dari telepon, dukungan bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset bluetooth, animasi layar, dan keyboard yang dapat disesuaikan dengan sistem. 
            Android versi 1.6 (Donut). Versi 1.6 dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang diintegrasikan; CDMA / EVDO, 802x, VPN, Gestures, dan text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech; pengadaan resolusi VWGA.
          
 Android versi 2.0/2.1 (Eclair). Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel android dengan versi 2.0/2.1 , perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan google maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital zoom, dan bluetooth 2.1. 
           
 Android versi 2.2 (Froyo). Dirilis pada 20 Mei 2010, pada versi ini kinerja hardware terlihat lebih cepat, memungkinkan akses ke memory external. Fitur WiFi yang memungkinkan dibuat menjadi hotspot, dan fungsi update otomatis ke Android Market.
       


Android versi 2.3 (Gingerbread). Versi ini dirilis pada Oktober 2010. Pada versi ini ada beberapa tambahan aplikasi, seperti : peningkatan fungsi copy paste, peningkatan kemampuan permainan,  resolusi yang lebih besar, dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu, adanya toko musik online di Android Market.
           


 Android versi 3.0 (Honeycomb). Android versi 3.0 dirancang khusus untuk ukuran layar yang lebih besar (tablet). User interface pada android versi ini juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan honeycomb adalah Motorola Xoom.




date Selasa, 27 September 2011

0 komentar to “Sistem Operasi Android”

Leave a Reply:

Diberdayakan oleh Blogger.